Selasa, 19 April 2011

Pola Makan Sehat

Mengenal zat gizi

Berdasarkan asal katanya, gizi berarti makanan dan manfaatnya untuk kesehatan. Karena itulah zat gizi dapat dikatakan sebagai bahan-bahan pada makanan yang bermanfaat untuk menjaga fungsi-fungsi tubuh dan kesehatan secara umum.
Berdasarkan fungsinya, zat gizi dibagi menjadi:
• Sumber energi yang terutama merupakan golongan karbohidrat seperti nasi, roti, atau umbi. Selain karbohidrat, lemak juga merupakan sumber energi. Namun konsumsi lemak sebaiknya dibatasi karena lemak mengandung kalori yang lebih tinggi daripada karbohidrat. Hal ini penting agar kita dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang seimbang, tanpa kelebihan kalori.
• Sumber zat pengatur (fungsi-fungsi tubuh) yang terutama merupakan golongan vitamin dan mineral seperti banyak terkandung pada sayuran dan buah-buahan.
• Sumber zat pembangun yang terutama merupakan golongan protein seperti daging dan susu (protein nabati) atau kacang-kacangan (protein nabati).

Pola makan sehat dan seimbang

Everybody has her own special thing, begitu juga dengan makanan. Masing-masing jenis makanan mengandung zat gizi yang berbeda-beda. Karena itulah, memilih jenis makanan yang bervariasi penting untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi secara lengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar